Style and Skills in using Project Based Learning
Keywords: Style and Skills
1.
Style
In using Project Based
Learning, as a teacher who chooses to use it in the classroom, the teacher
could be the leader or the manager. As the leader, the main job is facilitating
the students. For example, the teacher provides the tools needed, time for
consultation, and also the big picture of what will be discussed in the
classroom. Meanwhile, as the manager, the main job is more in handling and
controlling the students; it is like how far the students’ progress. The
teacher likes to supervise his students and guide them to reach the goal of the
lesson.
However, a great
teacher is someone who can maintain both roles when using the Project Based
Learning. So, the teacher is not only well-developed towards his/her Project
Based Learning, but also controlling the process of his/her design.
2.
Skills
Using Project Based
Learning in the classroom is not really easy. The teacher needs to have some skills,
and those skills are not merely easy to be developed. There are four major
skills in using Project Based Learning:
a) Communication
Communication is the
most important thing in delivering the materials and giving order to the students.
If the teacher delivers the materials with wrong communication, then the
students won't understand it. Moreover, having a bad communication skill causes
the failure of reaching our goals in doing the project.
b)
Open minded
In Project Based Learning,
teachers have to open their mind to improve their skills in designing the
project for the students.
c)
Aware
In the process of the project,
the teacher needs to be aware because the students need to be guided and to be
controlled by the teacher.
d) Creative
The teacher should be creative in designing the Project Based
Learning because the more creative of the activities, the more the students
will like it.
Gaya dan Keterampilan dalam Menggunakan
Pembelajaran Berbasis Proyek
Kata kunci: Gaya dan Keterampilan
1. Gaya
Dalam menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek, sebgai
seorang guru yang telah memilih untuk menggunakan model pembelajaran ini di
dalam kelas, ia dapat berperan sebagai seorang pemimpin atau pengelola. Sebagai
seorang pemimpin, tugas utamanya adalah menfasilitasi para siswa. Sebagai
contoh, guru menyiapkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan yang dibutuhkan,
waktu untuk berkonsultasi, dan juga gambaran besar tentang apa yang akan
didiskusikan di dalam kelas. Sedangkan, sebagai seorang pengelola, tugas
utamanya adalah lebih dalam menangani dan mengontrol pekerjaan para siswa; hal
tersebut seperti sejauh mana perkembangan tugas yang dilakukan para siswa. Guru
harus terus mengawasi para siswa dan membimbing mereka untuk mencapai tujuan
pembelajaran.
Namun, seorang guru yang baik adalah seorang guru yang dapat
menjalani kedua gaya tersebut ketika menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek.
Sehingga, guru tidak hanya baik dalam mengembangkan pembelajaran dan projek
nya, tetapi juga dapat mengontrol proses yang telah ia rencanakan.
2. Keterampilan
Menggunakan Pembelajaran Berbasis Projek di dalam kelas
bukanlah hal yang mudah. Guru perlu memiliki beberapa keterampilan, dan
keterampilan-keterampilan tersebut tidak begitu mudahnya untuk dikembangkan.
Ada empat keterampilan utama dalam menerapkan Pembelajaran Berbasis Proyek:
a) Komunikasi
Komunikasi
adalah faktor yang paling penting dalam menyampaikan materi dan member
instruksi kepada siswa. Jika guru menyampaikan materi dengan komunikasi yang salah,
maka siswa tidak akan mengerti tentang penjelasan atau instruksi yang diberikan.
Kemudian, memiliki kemampuan komunikasi yang buruk dapat menyebabkan kegagalan
dalam mencapai tujuan-tujuan dalam melakukan proyek tersebut.
b) Pikiran yang terbuka
Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek, guru perlu membuka
wawasan agar dapat meningkatkan kemampuan dalam merancang proyek yang diberikan
kepada siswa.
c) Kesadaran
Dalam proses
pembuatan proyek, guru harus sadar karena para siswa butuh untuk dibimbing dan
dikontrol oleh sang guru.
d) Kreatifitas
Guru harus
kreatif dalam merancang Pembelajaran Berbasis Proyek karena semakin kreatif
seorang guru, semakin banyak siswa yang tertarik dan bersemangat melakukan
projeknya.