About Me

My Photo
Ahmad Apriyanto
Graduate of Mathematics Education from Faculty of Education Universitas Siswa Bangsa Internasional (USBI), the transformation of Sampoerna School of Education (SSE) Jakarta.
View my complete profile

Calendar

Masehi HijriyahPerhitungan pada sistem konversi Masehi – Hijriah ini memungkinkan terjadi selisih H-1 atau H+1 dari tanggal seharusnya untuk tanggal Hijriyah

Tuesday, October 2, 2012

Style and Skills in using Project Based Learning (Gaya dan Keterampilan dalam Menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek)


Style and Skills in using Project Based Learning

Keywords: Style and Skills

1.      Style
In using Project Based Learning, as a teacher who chooses to use it in the classroom, the teacher could be the leader or the manager. As the leader, the main job is facilitating the students. For example, the teacher provides the tools needed, time for consultation, and also the big picture of what will be discussed in the classroom. Meanwhile, as the manager, the main job is more in handling and controlling the students; it is like how far the students’ progress. The teacher likes to supervise his students and guide them to reach the goal of the lesson.
However, a great teacher is someone who can maintain both roles when using the Project Based Learning. So, the teacher is not only well-developed towards his/her Project Based Learning, but also controlling the process of his/her design.

2.     Skills
Using Project Based Learning in the classroom is not really easy. The teacher needs to have some skills, and those skills are not merely easy to be developed. There are four major skills in using Project Based Learning:

a)    Communication
Communication is the most important thing in delivering the materials and giving order to the students. If the teacher delivers the materials with wrong communication, then the students won't understand it. Moreover, having a bad communication skill causes the failure of reaching our goals in doing the project.

b)   Open minded
In Project Based Learning, teachers have to open their mind to improve their skills in designing the project for the students.

c)    Aware
In the process of the project, the teacher needs to be aware because the students need to be guided and to be controlled by the teacher.

d)   Creative
The teacher should be creative in designing the Project Based Learning because the more creative of the activities, the more the students will like it.


Gaya dan Keterampilan dalam Menggunakan
Pembelajaran Berbasis Proyek
Kata kunci: Gaya dan Keterampilan

1.   Gaya
Dalam menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek, sebgai seorang guru yang telah memilih untuk menggunakan model pembelajaran ini di dalam kelas, ia dapat berperan sebagai seorang pemimpin atau pengelola. Sebagai seorang pemimpin, tugas utamanya adalah menfasilitasi para siswa. Sebagai contoh, guru menyiapkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan yang dibutuhkan, waktu untuk berkonsultasi, dan juga gambaran besar tentang apa yang akan didiskusikan di dalam kelas. Sedangkan, sebagai seorang pengelola, tugas utamanya adalah lebih dalam menangani dan mengontrol pekerjaan para siswa; hal tersebut seperti sejauh mana perkembangan tugas yang dilakukan para siswa. Guru harus terus mengawasi para siswa dan membimbing mereka untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Namun, seorang guru yang baik adalah seorang guru yang dapat menjalani kedua gaya tersebut ketika menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek. Sehingga, guru tidak hanya baik dalam mengembangkan pembelajaran dan projek nya, tetapi juga dapat mengontrol proses yang telah ia rencanakan.

2.   Keterampilan
Menggunakan Pembelajaran Berbasis Projek di dalam kelas bukanlah hal yang mudah. Guru perlu memiliki beberapa keterampilan, dan keterampilan-keterampilan tersebut tidak begitu mudahnya untuk dikembangkan. Ada empat keterampilan utama dalam menerapkan Pembelajaran Berbasis Proyek:

a)    Komunikasi
Komunikasi adalah faktor yang paling penting dalam menyampaikan materi dan member instruksi kepada siswa. Jika guru menyampaikan materi dengan komunikasi yang salah, maka siswa tidak akan mengerti tentang penjelasan atau instruksi yang diberikan. Kemudian, memiliki kemampuan komunikasi yang buruk dapat menyebabkan kegagalan dalam mencapai tujuan-tujuan dalam melakukan proyek tersebut.

b)   Pikiran yang terbuka
Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek, guru perlu membuka wawasan agar dapat meningkatkan kemampuan dalam merancang proyek yang diberikan kepada siswa.

c)    Kesadaran
Dalam proses pembuatan proyek, guru harus sadar karena para siswa butuh untuk dibimbing dan dikontrol oleh sang guru.

d)   Kreatifitas
Guru harus kreatif dalam merancang Pembelajaran Berbasis Proyek karena semakin kreatif seorang guru, semakin banyak siswa yang tertarik dan bersemangat melakukan projeknya.
 

Popular Posts