About Me

My Photo
Ahmad Apriyanto
Graduate of Mathematics Education from Faculty of Education Universitas Siswa Bangsa Internasional (USBI), the transformation of Sampoerna School of Education (SSE) Jakarta.
View my complete profile

Calendar

Masehi HijriyahPerhitungan pada sistem konversi Masehi – Hijriah ini memungkinkan terjadi selisih H-1 atau H+1 dari tanggal seharusnya untuk tanggal Hijriyah

Friday, March 11, 2011

Makna Di Balik Nomer KTP & KTP untuk Masa Depan



Nomor KTP, nomor yang begitu penting bagi warga Indonesia. Mungkin nomor KTP lebih penting bila dibandingkan nomor rekening bank. Tiap ada formulir yang mesti diisi oleh masyasarat, biasanya ada kotak tempat pengisian nomor KTP, entah itu formulir untuk penggantian kartu ATM, membuka rekening bank, membuat SIM ataupun formulir yang lain. Singkatnya, nomor KTP sangat penting untuk mengisi formulir )


Kalo kita perhatikan 16 digit katepe (KTP) kita, ternyata semua angka itu ada maknanya. Setahu saya cuma bagian tengah aja yg mencantumkan tgl, bln & thn lhr kita.


Contohnya : aa.bb.cc.dddddd.eeeedoubel digit a ,b & c biasanya merupakan kode wilayah (misalnya Jawa Barat 10). Saya asumsi a = kode propinsi, b = kode kabupaten & c = kode kecamatan (mohon koreksinya kalo salah). Sedangkan d merupakan kombinasi 6 angka tgl, bln & thn lahir, masing2 dlm format 2 digit. Pengecualian buat wanita, tgl lahirnya biasanya ditambahkan 40 (saya tak tahu apa alasannya ditambahkan, dan kenapa mesti 40). Bagian terakhir (e) merupakan urutan pendaftaran dlm bln itu. Berapa byk penduduk di suatu wilayah yg lahir pada bulan yg sama ?


Semoga trik kecil ini bermanfaat bagi kita, sekedar pengetahuan umum :) :)


Contoh untuk Nomor KTP di Kota Yogyakarta :


misalkan ada seseorang, panggil aja si "A" dengan tanggal lahir 16 Mei 1985.
Bertempat Tinggal di Propinsi DI. Yogyakarta-->Kota Yogyakarta -----> Kecamatan Kraton


3471091605850001 <--- untuk pria
3471095605850001 <--- untuk wanita


Penjabaran Nomor KTP di atas :


34 -----> Kode Propinsi D.I. Yogyakarta
71 -----> Kode Kota (madya) Yogyakarta
09 -----> Kode Kecamatan Kraton


16 -----> tanggal lahir untuk pria, sedangkan untuk wanita tanggal lahir +40 yaitu jadi 56
05 -----> Bulan lahir
85 -----> Tahun Lahir


0001 -----> nomor urut untuk penduduk dengan tanggal, bulan dan tahun lahir tertentu .


jadi k'lo misalnya setelah si A terdaftar, ternyata ada orang lain lagi di Kecamatan Kraton yang ternyata mempunyai tgl, bulan dan tahun yang sama persis dengan si A maka dia akan mempunyai nomor KTP seperti berikut :


3471091605850002 -----> untuk pria
3471095605850002 -----> untuk wanita


kalo ngandelin nomor KTP mungkin masih bisa ada KTP ganda dengan orang yang sama tapi informasi berbeda, mungkin sudah saat nya indonesia membuat KTP/kartu ID yang berteknologi tinggi.


Di dalam kartu ID ini bisa disimpan semua informasi mulai dari sidik jari (fingreprint), retina mata (biometric), catatan kriminal sampai keuangan.


Semua informasi yang ada nantinya akan terhubung ke data pusat disana sehingga akan memudahkan pemerintah dalam melacak sesuatu mulai dari kredit macet seseorang, kejahatan yang pernah dilakukan dan lainnya.


Sedangkan informasi sidik jari dan retina mata yag disimpan di kartu tersebut pasti akan menghindari banyaknya beredar KTP ganda yang sering terjadi di Indonesia.


mungkin kalo kartu ID seperti ini bisa terwujud pasti ngga bakal ada kisruh DPT kaya kemarin, KPU tinggal buat Anjungan kaya ATM biar bisa pemilu di sana, ngga boros kertas dan tinta..


kapan ya bisa terwujud.......
· · Share
    • February 4 at 9:24pm · · Report

Popular Posts